headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Waspada 2019-nCoV, Tingkatkan Personal Hygiene dan Imunitas Diri

Dunia tengah digemparkan dengan mewabahnya virus baru yang mematikan. 2019-nCoV novel corona virus yang masih satu keluarga dengan virus MERS dan SARS. Mari simak info selanjutnya….


Apa itu 2019-nCoV ?

Novel corona virus merupakan virus jenis baru yang menyerang pernapasan. Novel corona virus pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China. Virus ini berasal dari hewan yang kemudian masuk kedalam tubuh manusia dan menjadi penyakit. Virus ini pada awalnya adalah penyakit hewan, yang hanya dapat menyerang hewan saja. Namun karena perubahan lingkungan serta interaksi hewan dengan manusia, maka virus ini dapat hidup dan menyerang manusia.


Bagaimana cara penularannya?

Penularan corona virus melalui udara, droplet (cipratan air ludah) serta berinteraksi dengan makanan atau barang yang telah terkontaminasi. Jalur penularannya adalah mulut, hidung, dan mata.

Apa saja gejala 2019-nCoV ?

Gejala yang ditimbulkan seperti demam, batuk, flu, sesak napas atau kesulitan bernapas. Virus ini dapat menyebabkan sakit flu biasa hingga penyakit yang berat hingga berujung pada kematian.

Bagaimana pencegahannya?

Hingga saat ini belum ada vaksin yang dapat mencegah corona virus. Hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan imunitas serta higenitas diri.

1. Tingkatkan kebersihan diri dengan cara rajin cuci tangan menggunhakan sabun dan air yang mengalir. Atau Sobat juga dapat menggunakan cairan berbasis alkohol.

2. Mengkonsumsi makanan yang tinggi antioksidan seperti sayuran hijau (sawi, brokoli, kale, dan sebagainya) serta tinggi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menggunakan alat pelindung diri seprti masker. Penggunaan yang benar adalah sisi masker yang berwarna putih berada di dalam, sedangkan sisi masker yang berwarna lebih pekat di luar. Memasang bagian tulang hidung ditekan menyesuaikan bentuk hidung dan menarik ke bawah sampai ke dagu. Pastikan dagu bersih dari rambut jenggot agar penggunaan masker dapat maksimal.

4. Menerapkan etika batuk yang baik. Gunakanlah masker saat sedang sakit. Apabila ingin batuk atau bersin, tutuplah menggunakan tissue atau saputangan. Tissue yang telah terkontaminasi langsung dibuang ke tempat sampah dan selanjutnya Sobat dapat melakukan langka cuci tangan.

5. HIndari kontak dengan hewan atau pasar hewan.

6. Masaklah daging hingga matang untuk menjaga keamanan pangan.

7. Hindari kontak dengan seseorang yang sakit.

Jaga diri dengan melakukan personal hygiene dan meningkatkan imunitas diri. Salam Sehat.