headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Jaga Jarak Aman dengan Tekanan Darah

Seperti saat Sobat sedang berkendara, menjaga jarak aman dengan kendaraan yang berada di depan maupun yang dibelakang sangatlah penting. Menjaga jarak aman dengan tekanan darah juga tidak kalah penting. Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak baik bagi kesehatan, demikian juga tekanan darah yang terlalu rendah dapat berbahaya bagi kesehatan. Lalu, bagaimana cara menjaga tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal?


Apa itu tekanan darah?

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Bagaimana cara mengetahui tekanan darah?

Sobat dapat melakukan pemeriksaan menggunakan tensi meter baik tensi digital maupun tensi jarum. pada pengukuran tekanan darah Sobat akan mendapati 2 angka yang akan terbaca.

Misalnya Sobat melakukan pengukuran dan oleh tenaga kesehatan didapati angka 120/90. Arti angka 120 adalah tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh, yang disebut sebagai tekanan sistolik. Sedangkan angka 90 menunjukkan tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau disebut tekanan diastolik.

Agar kondisi tubuh tetap sehat, maka tekanan darah harus berada pada kondisi normal.

Apa risiko yang dialami jika tekanan darah rendah?

Tekanan darah rendah apabila pengukuran berada pada 90/60 atau dibawahnya. Pusing dan lemas yang disebabkan oleh tekanan darah rendah (hipotensi) berisiko menimbulkan cedera pada penderita akibat terjatuh. Sedangkan hipotensi berat dapat menimbulkan syok, serta membuat tubuh  kekurangan oksigen. Kondisi ini berdampak pada terganggunya fungsi berbagai organ, seprti otak dan jantung. Meskipun umumnya tidak berbahaya, hipotensi dapat menjadi gejala dari suatu penyakit yang sedang diderita.

Apa risiko yang dialami jika tekanan darah tinggi?

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi apabila pengukuran berada pada angka 140/90. Tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah dan organ-organ lain dalam tubuh. JIka dibiarkan dan tidak segera diobati, tekanan darah tinggi bisa menimbulkan penyakit-penyakit serius, seperti : aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), kehilangan penglihatan, gagal ginjal, dan gagal jantung.

Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko dari penyakit yang mematikan seperti jantung koroner dan stroke.


Bagaimana cara menjaga tekanan darah agar tetap normal?

1. Menjaga berat badan ideal. Semakin besar massa tubuh maka semakin besar kebutuhan akan darah yang disebarkan keseluruh tubuh untuk memasok oksigen dan makanan ke jaringan tubuh, sehingga volume darah yang beredar semakin besar dan membuat tekanan darah meningkat. Oleh karena itu, Sobat diharapkan dapat menjaga berat badan yang ideal.

2. Berolahraga secara rutin. Olahraga jogging selama 30 menit sehari dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat.

3. Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat. Lemak dalam makanan dapat memicu terjadinya plak dalam pembuluh darah, apabila dibarengi dengan kondisi tekanan darah tinggi dapat mengakibatan penyumbatan yang berujung pada stroke maupun jantung koroner.

4. Kurangi garam.

5. Hindari alkohol.

6. Berhenti merokok.

7. Kurangi konsumsi kafein

8. Cek kesehatan secara berkala.

Sobat dapat mengunjungi klinik kepercayaan untuk melakukan cek kesehatan secara berkala minimal sekali dalam setahun.

Jaga kesehatan untuk masa depan yang ceria.

Salam sehat.