headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

#YukKepo Perawatan 10 Step Korean Skincare Rountine


KPOP menjadi hal yang sedang trending disegala hal. Mulai dari musiknya, drama, makanan, hair style, gaya hidup, bahkan teknologi perawatan kulit wajah juga banyak yang mencontoh Negeri Gingseng ini. Orang Korea memang dikenal dengan wajahnya yang cerah, terawat, dan glowing, sehingga tidak heran jika banyak yang ingin memiliki kulit mulus seperti orang Korea. Di Korea sendiri terkenal 10 Step Korean Skincare Rountine atau 10 Langkah Perawatan Kulit ala Korea. Apa saja? #YukKepo

1.Cleansing

Pertama, Oil-based Cleanser (Membersihkan tahap 1)

Pada tahap ini sangat penting apabila Sobat menggunakan make-up atau melakukan pekerjaan yang lebih sering terpapar udara luar, radikal bebas, ataupun polusi. Oil-based cleanser berfungsi untuk membersihkan kotoran dari wajah khususnya make up yang susah terangkat, karena apabila make-up tidak dibersihkan dengan benar akan menumpuk dan mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat. Sobat dapat menggunakan Oil-based cleancer yang berbasis seperti cairan, balm (gel), ataupun micellar water.


Kedua, Water-based cleanser (Membersihkan tahap 2)

Setelah Sobat membersihkan dengan menggunakan oil-based cleanser, langkah selanjutnya adalah membersihkan kembali untuk memastikan wajah Sobat benar-benar bersih dengan menggunakan sabun cuci muka atau facial wash. Langkah membersihkan dua kali ini disebut dengan double cleansing. Hal ini sangat penting Sobat supaya tidak ada lagi kotoran-kotoran yang menempel di kulit.

2. Exfoliating (Mengangkat sel-sel kulit mati)

Kulit mati dapat membuat kulit wajah Sobat terlihat kusam, sehingga sel-sel kulit mati harus diangkat agar kulit wajah Sobat yang sehat dapat terlihat. Lakukanlah exfoliating ini 2-3 kali dalam seminggu. Tidak disarankan melakukannya setiap hari karena justru akan membuat kulit mudah teriritasi. Exfoliating dapat dengan menggunakan scrub secara alami seperti bubuk kopi ataupun bubuk gula dicampur dengan air lemon. Sobat juga dapat membeli scrub yang dijual di supermarket atau toko kosmetik lainnya, pastikan bahan-bahannya aman ya. Exfoliating sendiri terbagi menjadi dua cara, secara fisika dan secara kimia. Secara fisika, yaitu menggunakan butiran scrub sedangkan secara kimiawi menggunakan cairan.

3. Toner


Langkah ini dilakukan setelah membersihkan wajah. Toner bertujuan untuk mengenbalikan pH kulit wajah setelah cuci muka. Toner juga terbagi menjadai dua jenis, exfoliating toner dan hydrating toner. Exfoliating toner berguna untuk tahap exfoliating atau mengangkat sel-sel kulit mati, sedangkan untuk hydrating toner bertujuan untuk memberikan kelembaban atau hidrasi pada kulit wajah. Apabila Sobat sudah mengguankan scrub disarankan untuk tidak lagi menggunakan exfoliating toner.

4. Essence

Salah satu langkah perawatan kulit yang sangat khas dari Korean Skincare Rountine adalah pengaplikasian essence. Essence berbentuk seperti cairan namun ringan seperti air, merupakan tahap awal perawatan intens ala Korea. Essence biasanya sudah difokuskan untuk perawatan kulit wajah tertentu. Misalnya untuk kulit berjerawat, mencerahkan, atau untuk bekas bopeng jerawat.


5. Serum dan atau Ampouls

Perawatan intens yang berikutnya adalah serum dan atau ampouls. Kedua hal ini produk yang berbeda, namun memiliki tekstur serupa yaitu cenderung pekat dan sedikit lengket. Serum dan ampouls memiliki konsistensi yang pekat sehingga dapat menutrisi masuk ke kulit wajah di lapisan yang dalam.


6. Eye Cream

Krim mata dapat diaplikasikan pada daerah sekitar mata dengan aplikator ujung jari manis karena memiliki daya tekan yang paling lembut sehingga tidak menyakiti area mata yang sensitif. Krim mata ini berfungsi untuk mengurangi kerutan ataupun menyamarkan kantung mata serta mata panda akibat begadang.


7. Sheet mask

Masker wajah yang satu ini memang sangat trend di dunia per-skincare-an Korea. Sheet mask berfungsi untuk menutrisi lebih lanjut kulit wajah serta memberikan hidrasi atau kelembaban. Pakailah sheetmask minimal seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

8. Moisturizer

Seperti namanya, step ini bertugas untuk memberikan kelembaban pada kulit wajah.

9. Sleeping Mask

Masker yang yang dipakai sambil tidur dan dibilas keesokan harinya. Teksturnya mirip dengan moisturizer. Oleh karena itu, disarankan untuk Sobat yang memiliki kulit berminyak tidak menggunakan moisturizer dan sleeping mask secara bersamaan. Dikhawatirkan justru akan meningkatkan produksi sebum sehingga malah mengakibatkan jerawat ataupun bruntusan.

10. SPF atau Sunscreen


SPF atau sunscreen digunakan pada saat pagi hari untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi kusam.

Hal-hal yang perlu Sobat ingat adalah untuk tidak melakukan exfoliating setiap hari. Apabila kulit sobat cenderung berminyak disarankan untuk tidak menggunakan moisturizer dan sleeping mask secara bersamaan.

Perawatan wajah ala Korea memang sedikit membutuhkan kesabaran, namun mengingat hasil yang bagus, maka tak salah jika Sobat mencobanya. Happy weekend, Sobat.