headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

11 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Resolusi Sehat 2020


Awal tahun menjadi awal yang baru untuk menentukan target, mimpi atau goal yang ingin dicapai. Banyak orang yang beramai-ramai membuat resolusi misalnya, ingin mengembangkan usaha, menabung untuk membeli rumah atau mobil, dan mungkin tak sedikit Sobat yang mentargetkan untuk menikah di tahun 2020. Tak kalah pentingnya dari semua resolusi atau target tersebut, memiliki resolusi sehat 2020 menjadi hal yang patut Sobat lakukan. Yuk lakukan 11 hal ini untuk Resolusi Sehat 2020.

1. Healthy Diet

Semakin berkembangnya jaman, semakin bermunculan berbagai macam metode diet seperti Diet OCD yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. Atau jenis diet lain yang sedang nge-trend dikalangan anak muda yaitu Diet ala Kpop Idol. Segala hal yang berbau Korea memang sedang ngetrend. Mulai dari make up, skincare, kecantikan, gaya berbusana, hingga life style termasuk metode diet. Salah satu metode diet yang terkenal adalah IU Diet. Diet ini dipopulerkan penyanyi sekaligus aktris IU (Lee Ji Eun), dalam sehari dia hanya makan pagi 1 buah apel, makan siang ubi rebus, serta makan malam diganti dengan susu protein tinggi. Dengan metode diet yang seperti ini tubuh akan dengan cepat kehilangan berat badan, namun disisi lain makanan diet tersebut kurang bergizi seimbang.


Nah Sobat SehatKu, untuk memiliki tubuh yang ideal, Sobat dapat melakukan Diet Sehat dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur sehari dapat menunjang diet yang sehat. Menurunkan berat badan dengan cepat memang sebuah hal yang sangat menyenangkan apalagi bila goals Sobat tahun 2020 adalah memiliki berat badan ideal, namun berat badan yang ideal saja tidak cukup, gizi yang seimbang lebih penting dari sekedar berat badan yang turun.

2. Be Active

Tubuh yang sehat selain dari faktor makanan, juga berasal dari faktor latihan fisik. Melakukan aktifitas fisik secara aktif selama 20-30 menit per hari akan semakin membuat tubuh Sobat menjadi lebih segar. Aktifitas fisik yang dapat dilakukan diantaranya adalah olahraga seperti jogging, bermain sepak bola, bersepeda, dan sebagainya, ataupun melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah, mengepel, dan sebagainya.

Bagimana untuk para pekerja yang sibuk?

Sobat dapat melakukan workout singkat yang dapat didownload melalui Playstore ataupun dapat mengikuti tutorial senam yang banyak diposting di Youtube. Selama bekerja, Sobat dapat memparkir kendaraan dengan jarak terjauh dari kantor supaya lebih banyak waktu untuk berjalan kaki. Gunakan tangga jika itu hanya naik satu atau dua lantai saja. Lebih aktif lebih sehat lebih bahagia.

3. No Tobacco


"Berjuta orang yang merokok tidak menyadari bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit jantung."

Merokok tidak hanya merusak tubuh, namun juga bentuk ketidakpedulian terhadap sesama dan lingkungan.

4. Reduce Alcohol

Alkohol memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh terutama organ hati. Padahal hati adalah organ yang penting untuk menetralisir racun. Hindari alcohol dan jaga hati kita supaya tetap sehat.

5. Hand Hygiene

Cuci tangan dapat dilakukan pada saat hendak makan, setelah makan, hendak menyentuh bayi, ataupun menyuapi bayi, serta menyentuh peralatan bayi. Saat tangan terlihat sangat kotor, dapat melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apabila tangan tidak terlalu kotor, Sobat dapat menggunakan antiseptik atau cairan handrub yang berbasis alkohol. Yukk belajar cuci tangan yang benar menurut standar WHO :




Dalam dunia kesehatan ada 5 moments yang harus diingat untuk segera melakukan cuci tangan. Inilah 5 moments nya :


6. Know Your Status

Kampanye ini dilatarbelakangi oleh kasus HIV/AIDS yang semakin meningkat. Melakukan tes HIV akan mempermudah penanganan selanjutnya.Melakukan sex yang aman juga dapat menolong kelompok berisiko tinggi untuk mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS. Untuk lebih amannya, jangan lakukan sex bebas ya, Sobat.

7. Mental Health

Sehat bukan hanya secara fisik, namun mental juga harus sehat. Selalu melangkah dengan pikiran positif akan mengurangi stres. Temukan teman yang hangat untuk bicara, temukan komunitas yang menyenangkan untuk berbagi keceriaan, serta temukan hobi untuk menuangkan segala kebahagiaan.


8. Road Safety

Berkendara dengan aman penting untuk keselamatan. Batasi kecepatan saat berkendara, jangan hanya memikirkan Sobat yang telat datang ke sebuah acara, namun juga keselamatan pengguna jalan lainnya. Jangan pernah mengendarai kendaraan saat mabuk. Gunakan selalu helm ataupun seatbelt, serta perhatikan bayi saat berkendara.

9. Breast Feeding

ASI Eksklusif bagi bayi selama 6 bulan penuh. ASI sangat penting untuk bayi, Bunda, karena didalam ASI terkandung zat gizi yang tidak ada pada susu kemasan yang mahal sekalipun. Dalam ASI terkandung zat antibodi atau zat yang dapat menjadi pertahanan bayi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Memberikan ASI pada bayi juga meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak, karena ASI adalah bukti cinta ibu yang nyata.

10. Primary Health Care


Mengunjungi rumah sakit tidak harus pada saat sakit saja ataupun saat menjenguk kerabat. Resolusi Sehat yang perlu dilakukan adalah melakukan cek kesehatan setidaknya setahun sekali untuk memastikan Sobat dalam keadaan yang sehat. Sama halnya dengan kendarana yang perlu diservice, Sobat juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

11. Vaccines Work

Pastikan keluarga Sobat terlindungi, lakukanlah vaksin. Terutama vaksin dasar bagi bayi. Vaksin juga penting bagi para pekerja yang berisiko tinggi, seperti para pekerja di fasilitas kesehatan. Dengan melakukan vaksinasi, keluarga Sobat lebih terlindungi dari berbagai penyakit.


Menjaga kesehatan berarti menjaga semua resolusi berjalan dengan baik. Salam Sehat.