headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Perlukah Membersihkan Telinga Anak?

Telinga merupakan salah satu organ penting yang berperan dalam membantu seseorang untuk bisa mendengarkan segala sesuatu dengan baik.Gangguan pada telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan keseimbangan. Gangguan pendengaran pada anak sangat penting diperhatikan karena berkaitan dengan perkembangan berbahasa anak yang pada akhirnya akan menentukan prestasi anak.


Mengorek telinga merupakan kebiasaan yang salah, namun kebanyakan orang selalu melakukannya. Secara normal kotoran telinga akan dialirkan keluar dengan sendirinya kecuali pada saat terjadi gangguan fungsi. Selain itu, kotoran dalam telinga juga memiliki peranan menjaga telinga dari kotoran seperti debu dan serangga yang akan masuk ke dalam telinga.

Mengorek telinga dapat mendorong kotoran semakin ke dalam sehingga mengakibatkan terjadinya penyumbatan telinga yang lebih berat dan lubang telinga akan lebih sempit. Selain itu, mengorek telinga juga dapat menyebabkan terjadinya iritasi atau luka di dalam lubang telinga bahkan dapat menyebabkan gendang telinga robek apabila terlalu dalam mengoreknya. Maka meskipun menggunakan alat pembersih yang berlampu, membersihkan liang telinga anak sendiri ntetap tidak disarankan.

Mengorek telinga dengan benda yang keras akan menyebabkan iritasi yang pada akhirnya mengakibatkan radang pada telinga luar. Gejala awal dari radang telinga luar adalah telinga terasa penuh dan terasa gatal, kemudian liang telinga akan membengkak. Pada fase ini anak akan merasakan kesakitan dengan adanya getaran atau penekanan pada daun telinga atau bagian depan muara telinga (tragus). Pada tingkat lanjut, wajah pada sisi telinga yang terinfeksi dapat membengkak dan menyebabkan anak menjadi sulit membuka mulut karena nyeri sekali. Pengobatan menjadi agak sulit pada radang telinga luar bila liang telinga lembab dan iritasi. Oleh sebab itu liang telinga harus dijaga agar tetap kering.


Kebiasaan mengorek telinga juga dapat menyebabkan masuknya benda asing pada liang telinga, seperti kapas pada ujung cotton bud. Jika hal ini terjadi, jangan mengambil resiko untuk mengorek atau mencoba mengeluarkannya sendiri. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat dan aman. Teknik yang salah akan menyebabkan cidera pada liang telinga. Dari hasil penelitian, luka yang terjadi pada liang telinga  akibat  benda asing adalah karena usaha mengeluarkannya yang tidak benar.

Jika kita merasa bahwa ada kotoran telinga yang mengganggu pendengaran anak, sebaiknya kita pergi ke dokter untuk membersihkannya. Dokter biasanya akan menggunakan pengait atau sendok serumen secara hati-hati untuk mengambil kotoran telinga. Jika kotoran lunak, akan dihisap dengan pompa vacum. Namun jika kotoran terlalu keras, dokter akan memebrikan obat ettes untuk melunakkan kotoran sebelum dikeluarkan.

PMC Klinik Ultimate siap membantu kebutuhan Sobat untuk membersihkan telinga anak dengan aman.