headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Menjaga Kesehatan Mental Saat New Normal

Salam Sobat SehatKu…
Wabah virus corona atau yang kita sebut dengan Covid-19 semakin meluas dan telah menjangkit lebih dari 190 negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri seperti yang kita ketahui, jumlah pasien Covid-19 bertambah dengan sangat cepat. Setiap harinya grafik jumlah angka positif Covid-19 semakin meningkat pun demikian dengan jumlah kematian akibat Covid-19.

Media elektronik seperti media sosial, TV, radio maupun media cetak sedang gencar-gencarnya membahas tentang pandemi Covid-19 yang sedang kita alami saat ut dirasakan sebagai suatu tekanan atau beban yang sangat besar dalam kehidupannya.

Selain kesehatan fisik, mempersiapkan mental dan menjaganya agar tetap sehat juga sangat penting. Pasalnya, banyaknya tantangan yang akan dihadapi saat pandemi bisa mengakibatkan stress dan ganguan psikologis lainnya seperti cemas, rasa takut, sulit berkonsentrasi hingga tidak bisa produktif.   

Gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketakutan terhadap wabah penyakit, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari hari, ditambah lagi kebingungan akibat informasi yang simpang siur.

Dalam kondisi seperti ini, kesehatan mental harus tetap dijaga. Dengan persiapan yang matang, bukan tidak mungkin di era new normal bisa dinikmati sebagaimana kita menikmati hidup sebelum pandemi Covid-19 merebak. Bagaimana agar kesehatan mental kita tetap terjaga di tengah kondisi mewabahnya virus di negeri kita ini? Yuk kita simak dulu…     

Melakukan Aktivitas fisik

Rutin melakukan olahraga ringan yang bisa kita lakukan di rumah seperti lari kecil, lompat ditempat, membersihkan rumah dan lainnya. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh kita akan memproduksi hormone endorfin yang dapat meredakan stress, mengurangi rasa khawatir yang berlebihan dan memperbaiki mood.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Untuk mendapatkan beragam nutrisi tersebut kita bisa peroleh dari nasi, cereal, buah – buahan, sayuran, ikan laut, daging, kacang-kacangan serta susu. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental kita.

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menganggu kesehatan fisik maupun mental. Bukan hanya itu saja, sering begadang dan kurang istirahat juga tidak baik buat kesehatan fisik dan mental. Seperti yang kita ketahui, disaat kurang istirahat, kita akan lebih mudah mengalami kecemasan dan mood akan lebih tidak stabil.

Membuat Rutinitas Sendiri

Mengisi waktu luang dengan melakukan hobi atau aktivitas yang kita suka misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film.  Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh saat dirumah saja.

Lebih Bijak Memilah Informasi

Batasi waktu untuk mengakses berita terkait Covid-19 baik di media cetak maupun media sosial yang bisa mengurangi rasa cemas. Meski begitu, jangan menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting, jadi harus memilah informasi yang diterima secara bijak.

Menjaga Komunikasi dengan Keluarga dan Sahabat


Peluk dari jauh dan tak perlu mengeluh. Di teknologi yang serba modern seperti sekarang ini kita tetap bisa berkomunikasi tanpa harus bertemu. Tetap dirumah saja namun komunikasi tetap terjaga melalui telepon, video call dan aplikasi lainnya.

Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi ini. Namun cobalah berpikir positif dan tetap bersyukur. Jika stress dan ketakutan yang kalian alami terasa sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog. Tetap waspada dan selalu ikuti protokol kesehatan dengan baik agar penyebaran virus cepat berakhir.      

Salam sehat…