headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Cara Sehat Berkawan dengan Makanan


Pada masa sekarang ini, semakin banyak penyakit yang muncul akibat dari gaya hidup. Salah satunya adalah mengenai budaya makan. Apalagi orang Indonesia yang sebagian besar makanannya memiliki citarasa rempah yang kuat dan pekat. Merubah pola makan tidaklah mudah, butuh waktu yang tidak sebentar. Namun, jika bukan kita yang memulai, siapa lagi?

Berikut tips agar memiliki pola makan yang sehat, salah satunya dengan cara memilih makanan.


1. Pilihlah bahan makanan segar daripada bahan makanan kemasan atau bahan makanan yang diawetkan. Makanan dalam kemasan sebagian besar telah ditambahkan bahan pengawet makanan yang mana jika dikonsumsi terus menerus akan dapat mengganggu kesehatan.


2. Bacalah label pada kemasan makanan dengan teliti.


3. Hindari minuman/makanan dengan pemanis buatan yang berlebihan. Makan makanan manis berlebihan akan menngkatkan risiko penyakit diabetes mellitus.


4. Hindari makanan dengan kandungan natrium tinggi atau makanan yang diawetkan dan diasinkan, seperti acar asinan, makanan kaleng, dan sebagainya.


5. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti jeroan, udang, kepiting, dan lain-lain.


6. Kurangi penggunaan santan dan minyak dalam mengolah makanan, biasakan memasak makanan dengan merebus, mengukus dan memanggang.


7. Batasi penggunaan bumbu penyedap makanan seperti MSG (monosodium glutamat) atau vetsin. Sebagai gantinya gunakanlah penguat rasa seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica, dan sebaginya.


Selamat menjalani hidup sehat dengan makanan pilihan yang sehat.

Salam sehat.