headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Yuk Baca Label pada Makanan Kemasan

Makanan produk kemasan dinilai sangat praktis untuk menunjang kebutuhan gizi masyarakat. Meski demikian perlu bagi masyarakat untuk mengetahui cara aman berbelanja makanan kemasan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli bahan makanan kemasan. Yuk disimak.....


1. Perhatikan tanggal kadaluarsa : makanan atau minuman baik digunakan sebelum tanggal yang tercantumkan.

Kualitas makanan akan berubah apabila sudah melebihi batas tanggal kadaluarsanya. Perubahan kualitas dapat berupa komposisi makanan, perubahan bentuk, serta perubahan zat makanan yang justru dapat membahayakan kesehatan.

2. Nama produk : menyatakan jenis produk

Terkadang suatu produk memiliki bungkus yang mirip, namun ternyata produk yang berbeda. Tidak ada salahnya membaca nama produk sekali lagi untuk memastikan tidak salah dalam membeli ya, Sobat.

3. Komposisi : Bahan yang digunakan

Bahan yang terkandung dalam makanan  sangat penting. Melalui komposisi masayarakat dapat mengetahui bahan-bahan apa yang digunakan. Termasuk bahan yang aman bagi kesehatan. Misalnya mengandung monosodium glutamate (bahan penyedap), atau sakarin (gula tambahan), dan sebagainya.

4. Informasi nilai gizi : menggambarkan nilai gizi yang terkandung dalam satu kemasan makanan atau minuman, termasuk kadar gula, garam, dan lemak.

Bukan hanya sekedar mengetahui tanggal kadaluarsa makanan saja. Mengetahui informasi nilai gizi suatu makanan kemasan juga penting. Mengetahui kadar gula, garam, dan lemak juga penting.


Kementerian Kesehatan menyarankan batas untuk konsumsi gula per hari per orang adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Sedangkan untuk konsumsi garam per orang per hari adalah 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh. Dan untuk lemak atau minyak per orang per hari adalah 67 gram atau setara dengan 5 sendok makan.

5. Keterangan Halal : terdapat logo halal resmi yang dikeluarkan oleh MUI

Bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah umat Muslim penting bagi produsen makanan untuk mencantumkan logo halal pada kemasan makanannya. Selain menimbulkan kepercayaan pada konsumen, masyarakat juga akan lebih yakin untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

6. Izin Edar : dikeluarkan oleh BPOM

Makanan kemasan yang memiliki izin edar meningkatkan kepercayaan masyarakat akan keamanan produk tersebut. Biasanya tulisan berupa nomor-nomor. Sudahkah ada izin edar BPOM pada makanan kemasan favoritmu, Sobat?


7. Berat/isi : menggambarkan berat bersih produk

Sobat perlu tahu berat bersih makanan kemasan agar tahu perkiraan jumlah porsi untuk setiap orangnya. Sobat jug adapat membuat perbandingan antar produk, kira-kira mana produk dengan harga lebih terjangkau dengan berat bersih lebih banyak.

Tetap utamakan keamanan pangan saat berbelanja, apalagi dalam bulan suci ramadhan ini. Puasa lancar, badan sehat.

Salam Sehat!