headerslideheaderslideheaderslideheaderslide
Artikel

Penggunaan Masker Kain Dikala Pandemi

Salam Sobat SehatKu...

Penggunaan masker pada saat ini diwajibkan oleh pemerintah. Setiap orang yang keluar rumah wajib menggunakan masker. Masker kini juga menjadi barang yang langka sehingga sulit untuk mendapatkannya. Karna kelangkaan ini, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker kain sehingga masker bedah dan N95 daat digunakan oleh tenaga medis.

Penggunaan masker kain meskipun tidak sebaik masker bedah medis, namun masker kain juga baik untuk membantu pencegahan penularan virus. Masker yang disarankan adalah masker kain 3 lapis.


Yuk perhatikan beberapa hal ini saat menggunakan masker kain.

1. Perhatikan bahan kain yang digunakan. Beberapa bahan kain yang dapat digunakan untuk masker diantaranya bahan kaos, kain lap dapur, kain katun tahan air, dan kain seprai.

2. Digunakan tak lebih dari 4 jam. Penggunaan masker kain disarankan tak lebih dari 4 jam. Setelah itu, masker dicuci menggunakan sabun dan air, setelah kering masker disetrika lalu dapat digunakan kembali.

3. Tetap jaga jarak 1 hingga 2 meter agar aman dari droplet (cipratan air ludah)

Para ahli membandingkan efektivitas bahan masker untuk menangkal kuman berukuran 0.02 mikron atau 5x lebih kecil daripada ukuran virus corona sebesar 0,1 mikron. Ini hasil perbandingannya :

Masker bedah 89%

Lap dapur 73%

Kain katun campuran 70%

Linen 62%

Sarung bantal 57%

Kain katun murni 51%

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahan masker kain rata-rata efektif menangkal virus lebih dari 51%


Jadi, Sobat tak perlu ragu lagi untuk menggunakan masker kain. Karena masker kainpun baik untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Ayo pakai masker